10 Penyebab Ngantuk Di Pagi Hari Dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi mengantuk. Shutterstock/Tom Wang Merdeka.com – Penyebab ngantuk di pagi hari bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari kurang tidur, hingga beberapa masalah kesehatan. Mengantuk dapat menyebabkan konsentrasi menurun, mudah lupa, hingga kewaspadaan menurun. Hal ini tentunya sangat mengganggu produktivitas jika terjadi pada pagi hari.

Sering merasa ngantuk di pagi hari juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Berikut 10 penyebab ngantuk di pagi hari dilansir dari laman doktersehat.com:

Kurang Tidur
Kurang tidur, merupakan salah satu penyebab utama kita merasakan ngantuk di pagi hari. Kurang tidur akibat begadang menyebabkan seseorang bisa merasa ngantuk dan kelelahan pada pagi hingga sepanjang hari.

Untuk itu, usahakan untuk tidak melakukan begadang terlalu sering. Tidurlah 7-9 jam setiap harinya. Selain menyebabkan ngantuk, begadang juga tidak baik dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lain.

Dehidrasi

© today.com

Tubuh yang kekurangan asupan cairan juga bisa menjadi penyebab ngantuk di pagi hari. Dehidrasi dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak. Hal ini tentu saja membuat tubuh akan mudah merasa ngantuk.

Selain itu, dehidrasi dapat menyebabkan mulut dan saluran pernapasan kering juga merasa kram pada kaki saat tidur. Akibatnya, kualitas tidur akan terganggu.

Efek Samping Obat-obatan
Mengonsumsi obat tertentu juga bisa menyebabkan ngantuk di pagi hari. Adapun beberapa obat yang memiliki efek samping mengantuk di pagi hari di anataranya adalah antipsikotik, obat antidepresan, antihistamin, obat penurun tekanan darah, obat jantung, obat penyakit tiroid, dan obat asma.

Kafein

© boldsky.com

Mengonsumsi kafein dalam kopi, teh, minuman ringan ataupun obat juga bisa menyebabkan ngantuk di pagi hari jika Anda mengonsumsinya sebelum tidur pada malam hari. Hal ini disebabkan karena efek peningkat kewaspadaan kafein dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Setelah dikonsumsi, kafein akan bekerja di dalam tubuh sekitar 6 jam lamanya.

Alkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat mengubah durasi tidur dan kualitas tidur. Dalam jumlah tertentu, alkohol yang dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur akan menimbulkan efek mengantuk keesokan harinya. Hal ini dikarenakan alkohol akan menyebabkan Anda tidur dengan perasaan gelisah.

Tak hanya itu, alkohol bahkan dapat membuat seseorang sulit berkonsentrasi dan mual, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Stres

©2020 Merdeka.com

Stres merupakan kondisi yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik. Pakar kesehatan menyebut penyebab ngantuk di pagi hari bisa membuat tubuh mengeluarkan respons berupa munculnya rasa lelah terus-menerus seperti sering ngantuk.

Stres tentu saja akan menganggu segala aktivitas yang anda lakukan. Hal ini tentu menjadi salah satu alasan seseorang akan merasa selalu lesu dan mengantuk.

Kekurangan Oksigen
Saat tubuh kekurangan oksigen, kita juga akan merasa letih, lelah, dan lesu. Hal tersebut tentu akan membuat tubuh menjadi mudah mengantuk. Kekurangan oksigen pada tubuh bisa disebabkan karena anemia atau kekurangan sel darah merah.

Sel darah merah memiliki fungsi utama sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika jumlahnya kurang, maka berbagai organ dan jaringan tubuh kekurangan oksigen dan akhirnya menyebabkan gejala seperti letih dan mengantuk sepanjang hari.

Insomnia

©2020 Merdeka.com

Insomnia merupakan masalah kesehatan yang membuat tubuh susah untuk tidur pada malam hari. Jika hal ini terus terjadi, tubuh akan kelelahan dan sering ngantuk di pagi hari atau bahkan sepanjang hari. Pakar kesehatan menyarankan penderita insomnia untuk mulai menghindari minuman berkafein, minuman beralkohol, dan tidak bermain gadget sebelum tidur.

Untuk mengatasi masalah insomnia, cobalah untuk membuat tubuh menjadi rileks dengan melakukan olahraga yoga atau meditasi. Selain itu, cobalah untuk membuat kondisi kamar senyaman mungkin. Berikan sedikit wewangian esensial yang bisa membuat ruangan kamar menjadi harum sekaligus akan membantu membuat tubuh lebih rileks.

Sleep Apnea

©

Sleep Apnea merupakan gangguan pada seseorang yang mengalami henti napas untuk sejenak pada saat tidur. Hal ini akan membuat seseorang terbangun di tengah malam. Masalah kesehatan ini tentu akan merusak kualitas tidur dengan signifikan sehingga penderitanya akan mudah kelelahan dan ngantuk di pagi hari.

Gangguan Kesehatan Tertentu
Penyebab ngantuk di pagi hari juga bisa dikarenakan penyakit tertentu yang menyebabkan gangguan tidur r pada malam hari. Diantaranya:

* Gangguan Tiroid
* Diabetes
* Anemia
* Sindrom kelelahan kronis
* Ginjal
* Gagal Jantung
* Asma
* Asam Lambung
* Gangguan Pencernaan

Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Sakonboon Sansri

1. Regangkan Tubuh dengan Yoga
2. Minum Segelas Air Putih saat Bangun
three. Mandi Air Dingin di Pagi Hari
4. Sarapan
5. Jangan Makan Gula sampai Jam Makan Siang

Sedangkan penanganan untuk seseorang yang mudah merasa mengatuk diantaranya:

1. Konsumsi makanan bernutrisi seimbang dan kurangi makanan tinggi gula.
2. Mulai membentuk dan menjaga pola tidur teratur, dengan memenuhi waktu tidur yang cukup dan tidur pada jam yang sama tiap harinya.
three. Berolahraga secara teratur.
four. Hindari kebiasaan merokok.
5. Batasi konsumsi minuman beralkohol.
6. Hindari kebiasaan membaca, bermain gadget, atau bekerja di kamar tidur.
7. Ciptakan suasana yang nyaman untuk tidur

[khu]