7 Kebiasaan Kecil Pendukung Kesuksesan Diet Yang Tak Boleh Disepelekan

7 Kebiasaan Kecil Pendukung Kesuksesan Diet Yang Tak Boleh Disepelekan
Dok. Thinkstock Jakarta – Saat diet untuk turunkan berat badan, Anda tidak bisa hanya terfokus pada perubahan menu makanan dan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Ada faktor lain yang juga berperan untuk menurunkan berat badan saat berdiet. Apa saja? Ini dia daftar yang harus Anda perhatikan dan terapkan, seperti dikutip dari Times of India dan Health 24.

1. Minum Cukup Air
Selain sangat penting bagi tubuh, air juga bermanfaat untuk membuat perut terasa penuh. Jangan menunggu sampai haus karena berarti Anda sudah dehidrasi yang menyebabkan tubuh salah mengartikan rasa haus menjadi rasa lapar. Anda pun jadi mengasup kalori lebih banyak dari yang seharusnya.

2. Tarik Napas Dalam & Perlahan
Oksigen selain sangat penting untuk bertahan hidup, juga mampu membantu proses penurunan berat badan dengan memaksimalkan kerja sel-sel di dalam tubuh. Sayangnya, saat ini banyak orang yang bernapas pendek. Hal ini menyebabkan mereka tidak menghirup cukup oksigen. Oleh karena itu, biasakan bernapas lebih dalam dan jangan lupa untuk menggunakan hidung daripada mulut untuk bernapas.

three. Tidur yang Cukup
Meskipun terkesan sepele, namun tidur bisa menentukan kesuksesan food regimen seseorang. Istirahat yang cukup sangat penting untuk mengembalikan energi yang telah hilang setelah seharian beraktivitas. Jika Anda kurang tidur, maka keesokan harinya akan sangat lelah dan kelaparan yang memungkinkan Anda untuk kalap saat melahap makanan. Waktu tidur yang baik adalah enam hingga delapan jam sehari di waktu malam.

four. Tekad yang Kuat
Bila Anda hanya punya rencana tapi tidak ada kemauan, jangan harap bisa berhasil menurunkan berat badan. Kemauan tidak hanya ada di awal, tapi terus meningkat sampai meraih target. Kendalikan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah dan sayuran. Tambahkan olahraga rutin dengan aktivitas fisik yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

5. Ngemil Sehat
Ngemil bisa membantu menyukseskan program diet dengan mencegah Anda makan berat yang berlebihan. Tapi dengan catatan, jika yang dikonsumsi adalah camilan sehat. Isi perut di sela-sela jam makan dengan camilan sehat seperti kacang almond, buah kering atau buah dan sayur potong. Ngemil akan membuat rasa lapar Anda tetap dalam tingkat minimal. Jadi saat jam makan siang, perut akan terasa lebih penuh dan hasrat makan tak menggila.

6. Bercermin Saat Makan
Orang yang melihat refleksi tubuhnya di cermin saat makan, akan melahap lebih sedikit makanan dibandingkan yang tidak. Hal tersebut sudah diuji secara ilmiah dan dimuat dalam Journal of Applied Psychology. “Melihat bayangan sendiri di cermin, akan membuat Anda lebih sadar diri terhadap apa dan berapa banyak yang dimakan,” kata Brad J. Bushman, PhD yang menulis studi tersebut.

7. Makan Sebelum Pergi
Undangan pesta atau makan malam merupakan godaan food plan yang paling sering terjadi. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya Anda mengisi perut terlebih dahulu sehingga ketika sampai di lokasi undangan tidak ‘lupa’ terhadap diet Anda karena perut sudah kenyang.

(hst/hst)