9 Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga, Sering Mengantuk Dan Gemetaran

Ilustrasi kelelahan. ©2012 Shutterstock/Sergey Mironov Merdeka.com – Badan merasa lemas tak bertenaga, sering mengantuk, gemetaran hingga badan terasa lesu, bisa dialami oleh siapa saja. Terlebih saat tubuh berada dalam kondisi kurang baik, entah karena penyakit fisik atau psychological.

Penyebab badan lemas tak bertenaga sangat beragam. Ada yang disebabkan oleh masalah ringan, seperti kurang istirahat dan asupan gizi, sampai ada yang disebabkan oleh masalah serius, seperti gangguan kesehatan asthenia.

Masalah ini terkadang juga berkaitan dengan masalah otot tubuh yang kelelahan atau mengalami gangguan kesehatan lain. Kondisi badan seperti ini tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan ada kondisi di mana tubuh tidak bisa digerakkan sama sekali.

Sebelum mengatasinya, tentu kita harus tahu apa penyebab badan lemas tak bertenaga terlebih dahulu. Seperti penyebab-penyebab berikut ini.

Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga karena Penyakit
1. Flu

Flu menjadi jenis penyakit yang sangat umum dan bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada bayi sekalipun. Kondisi tubuh penderita flu biasanya akan melemah, lemas dan tidak bertenaga. Hal ini wajar karena imunitas tubuh sedang melemah.

2. Anemia

Kekurangan sel darah merah atau anemia juga dapat menyebabkan badan lemas tak bertenaga, lesu, letih hingga gemetaran. Hal ini dikarenakan organ tubuh tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup dari aliran darah. Umumnya penderita anemia akan terlihat lebih pucat dan mudah merasa mengantuk lelah dan lesu.

three. Penyakit Tiroid

Ketidakseimbangan hormone tiroid juga dapat menyebabkan badan lemas tak bertenaga, menyerang sistem otot dan tulang. Penyakit tiroid lebih banyak terjadi pada perempuan dibanding laki-laki. Biasanya ditandai dengan bentuk kupu-kupu kecil di depan leher.

Badan Lemas Tak Bertenaga karena Kurang Istirahat dan Depresi
4. Kurang Tidur

Tidur merupakan kebutuhan tubuh, waktu untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh dan memulihkan tenaga. Apabila tubuh kurang tidur, maka organ-organ tubuh akan kelelahan. Tak heran kalau badan lemas tak bertenaga di siang hari bila istirahat di malam hari sangat kurang.

Kekurangan tidur atau kekurangan waktu istirahat yang berkelanjutan, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain. Masalah seperti insomnia, mudah terserang penyakit, dan penurunan daya ingat adalah beberapa di antaranya.

5. Depresi dan Gangguan Kepanikan

Tidak hanya masalah fisik saja yang dapat jadi penyebab badan lemas tak bertenaga, tapi juga masalah psychological. Kondisi mental yang terganggu, dapat berujung pada badan lemas dan tidak bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Kondisi ini bisa diatasi apabila masalah depresi atau gangguan kepanikan yang dialami bisa teratasi dengan baik.

Penyebab Badan Lemas Tak Betenaga karena Kekurangan Nutrisi
6. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjalan berbagai fungsi vital, seperti produksi darah merah dan menjaga kondisi saraf. Apabila tubuh mengalami kekurangan B12, fungsi important tersebut akan terganggu dan menyebabkan badan lemas tak bertenaga.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, bisa memperbanyak konsumsi makanan dari hewan, seperti susu, daging merah, telur atau ikan-ikanan.

7. Efek Samping Pengobatan

Tidak semua pengobatan atau perawatan dapat menyebabkan badan lemas tak bertenaga. Namun, hampir semua pengobatan akan membuat badan menjadi lemas, seperti konsumsi antibiotik yang terlalu sering hingga kemoterapi.

Efek samping pengobatan ini bisa berupa rasa lemas dan lesu terus menerus, hingga kaki dan tangan yang gemetaran seperti kedinginan. Apabila mengalami gejala ini setelah mengonsumsi obat tertentu, segera hubungi dokter untuk perawatan yang tepat.

Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga karena Masalah Otot
8. Cedera Saraf atau Otot

Saraf dan otot merupakan jaringan penting dalam tubuh, memiliki fungsi very important untuk menggerakkan anggota tubuh lain. Apabila dua bagian penting ini mengalami cedera atau masalah, bukan tidak mungkin kalau badan akan lemas tak bertenaga dan gemetaran.

Ketika saraf atau otot mengalami cedera, badan tidak boleh banyak bergerak karena dapat mencederai anggota tubuh lain. Perlu penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah ini agar tidak menjadi masalah yang lebih serius.

9. Penyakit Otot

Sama seperti halnya cedera otot, penyakit otot dapat menyebabkan badan lemas tak bertenaga dan gemetaran, Penyakit otot sendiri ada banyak macam, seperti distrofi, Parkinson, fibromygia, tendinitis, dan masih banyak lagi. Penyakit-penyakit otot tersebut dapat mengganggu pergerakan otot dan membatasi badan bergerak.

Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga Lainnya
Selain itu, penyakit otot ringan seperti keseleo dan kram juga dapat menyebabkan badan tidak bisa bergerak dan tubuh gemetaran. Untuk mengatasinya, kita bisa mengonsumsi obat khusus seperti anjuran dokter atau mendapatkan perawatan khusus.

Untuk mendapatkan diagnosa tepat mengapa badan mudah merasa lemas tak bertenaga, lesu dan gemetaran, kita bisa langsung memeriksakan diri ke dokter. Dengan diagnosa tepat, penangan dan perawatan yang diberikan akan jauh lebih efektif.

Sumber: Healthline

[snw]