Agar Dapatkan Manfaat Optimal, Ini Durasi Yang Tepat Saat Tidur Siang

Kotawaringin Barat, Borneo24.com – Walau baik bagi tubuh, namun tidur siang juga memiliki aturan. Banyak manfaat yang Anda dapatkan dari tidur siang. Meski terdengar sederhana, tidur siang baik untuk kesehatan tubuh.

Tidur siang terlalu lama justru tak baik dan malah memicu kelelahan. Lalu, berapa lama tidur siang yang paling baik?

Jenis tidur siang ini memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja tubuh tanpa membuat seseorang merasa pusing atau mengganggu tidur malam. Merangkum American Heart Association, tidur siang yang sebaiknya dilakukan adalah tidur siang singkat selama menit.

Tidur siang boleh dilakukan lebih dari 30 menit, tapi tidak dianjurkan lebih dari ninety menit karena bisa menimbulkan rasa pusing setelah itu. Melansir Insider, psikiater sekaligus Pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine, Alex Dimitriu, MD, juga menyebut tidur siang sebaiknya cukup dilakukan menit saja. Tidur siang selama 30 menit dapat meningkatkan suasana hati lebih baik dan meningkatkan daya ingat.

Namun hati-hati, tidur siang yang terlalu singkat misalkan 10 menit, justru bisa meningkatkan gejala kelelahan, mudah marah, tidak bersemangat, dan kembali mengantuk. Sementara, tidur siang yang terlalu lama lebih dari 30 menit dapat membuat pusing dan lelah durasi tidur siang perfect untuk anak-anak dan orang dewasa berbeda.
Pada anak-anak, anjuran untuk waktu tidur siang bervariasi sesuai dengan usia, yakni:

– 0 hingga 6 bulan: Tidur siang 2-3 kali per hari, masing-masing durasinya 30 menit hingga 2 jam.
– 6 hingga 12 bulan: Tidur siang 2 kali sehari, masing-masing durasinya 20 menit hingga beberapa jam
– 1 hingga 3 tahun: Sekali tidur siang selama 1-three jam.
– 3 hingga 5 tahun: Sekali tidur siang selama 1 atau 2 jam.
– 5 hingga 12 tahun: Tidak perlu tidur siang jika mereka mendapatkan 10 atau eleven jam tidur yang disarankan per malam.

Sementara, orang dewasa yang sehat tidak harus tidur siang, tetapi bisa mendapat manfaat dari tidur siang selama 10 hingga 20 menit, atau ninety menit jika kurang tidur pada malam harinya. Agar durasi tidur siang tak keliru kelewat cepat atau terlalu lama, ada baiknya Moms memasang alarm. Selain durasi, juga perlu memerhatikan jam tidur siang agar tidak mengganggu pola tidur malam hari.(***)