Jangan Keliru, Ini Durasi Tidur Siang Yang Paling Baik Untuk Kesehatan

KOMPAS.com – Tidur siang terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan.

Melansir MNN, studi mengungap bahwa tidur siang tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak, tapi juga berpengaruh hingga dewasa.

Beberapa manfaat tidur siang yang sayang untuk dilewatkan, di antaranya yakni:

* Meningkatkan daya ingat atau memori
* Menurukan tekanan darah
* Sehatkan jantung
* Meningkatkan temper
* Menekan stres
* Memulihkan kewaspadaan
* Mengurangi kelelahan
* Mengembalikan energi

Baca juga: Ini Durasi Tidur Ideal Berdasarkan Usia

Bahkan, rutin tidur siang juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun perlu diangat, tidur siang tak boleh dilakukan secara sembarangan.

Tidur siang yang terlalu lama misalnya, bisa mengganggu waktu tidur malam dan mengurangi semua manfaat tidur siang sendiri.

Tak hanya itu, tidur siang terlalu lama bahkan bisa memicu kelelahan dan pusing setelah bangun.

Lalu, berapa lama tidur siang yang paling baik?

Merangkum American Heart Association, tidur siang yang sebaiknya dilakukan adalah tidur siang singkat selama menit.

Jenis tidur siang ini memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kewaspadan dan kinerja tubuh tanpa membuat seseorang merasa pusing atau mengganggu tidur malam.

Baca juga: 9 Manfaat Tidur Siang, Tekan Stres hingga Kurangi Risiko Sakit Jantung

Tidur siang boleh dilakukan lebih dari 30 menit, tapi tidak dianjurkan lebih dari 90 menit karena bisa menimbulkan rasa pusing setelah itu.

Melansir Insider, psikiater sekaligus Pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine, Alex Dimitriu, MD, juga menyebut tidur siang sebaiknya cukup dilakukan menit saja.

Tidur siang selama 30 menit dapat meningkatkan suasana hati lebih baik dan meningkatkan daya ingat.

Namun hati-hati, tidur siang yang terlalu singkat misalkan 10 menit, justru bisa meningkatkan gejala kelelahan, mudah marah, tidak bersemangat, dan kembali mengantuk.

Sementara, tidur siang yang terlalu lama lebih dari 30 menit dapat membuat pusing dan lelah.

Melansir Health Line, durasi tidur siang ideal untuk anak-anak dan orang dewasa berbeda.

Baca juga: Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Jantung

Pada anak-anak, anjuran untuk waktu tidur siang bervariasi sesuai dengan usia, yakni:

* zero hingga 6 bulan: Tidur siang 2-3 kali per hari, masing-masing durasinya 30 menit hingga 2 jam
* 6 hingga 12 bulan: Tidur siang 2 kali sehari, masing-masing durasinya 20 menit hingga beberapa jam
* 1 hingga 3 tahun: Sekali tidur siang selama 1-3 jam
* 3 hingga 5 tahun: Sekali tidur siang selama 1 atau 2 jam
* 5 hingga 12 tahun: Tidak perlu tidur siang jika mereka mendapatkan 10 atau 11 jam tidur yang disarankan per malam

Sementara, orang dewasa yang sehat tidak harus tidur siang, tetapi bisa mendapat manfaat dari tidur siang selama 10 hingga 20 menit, atau ninety menit jika kurang tidur pada malam harinya.

Agar durasi tidur siang tak keliru kelewat cepat atau terlalu lama, ada baiknya Anda memasang alarm.

Selain durasi, Anda juga perlu memerhatikan jam tidur siang agar tidak mengganggu pola tidur malam hari.

Baca juga: Bagaimana Tidur yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

Sleep Foundation menyarankan, jangan tidur terlalu siang atau memasuki sore hari karena mungkin akan memengaruhi pola tidur malam hari dan membuat Anda sulit untuk tertidur di waktu tidur biasa.

Idealnya tidur siang dilakukan di antara pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.