Jangan Sembarangan, Berikut Ini Aturan Tidur Siang Yang Baik Dan Benar

Kamu sering mengantuk di sekolah atau kantor? Mungkin ada baiknya kalau kamu tidur siang dulu. Nyatanya, gak cuma baik untuk anak-anak, tidur siang pun bermanfaat bagi orang dewasa. Meski begitu, perhatikan tata cara tidur siang yang benar ya. Salah-salah kamu bisa kena efek negatif dari tidur siang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya!

1. Tidur siang menyebabkan gangguan tidur pada malam hari, terlebih untukmu yang punya insomnia
pixabay.comSeharusnya, tidur siang gak memengaruhi kualitas tidur malam seseorang. Namun, buat kamu yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur, tidur siang bisa memperparah tidur malammu.

2. Bisa juga menyebabkan sleep inertia atau perasaan linglung dan uring-uringan setelah bangun tidur
pexels.com/PixabayJika kamu bangun tidur saing dan mendapati perasaanmu buruk dan pikiranmu linglung, kamu mengalami sleep inertia. Biasanya ini terjadi kalau tidur siangmu kelamaan.

three. Untuk itu, lakukan tidur siang selama menit
catcafemad.comTidur siang yang baik ternyata punya durasi yang tergolong singkat, antara menit. Ada baiknya kamu lakukan tidur siang antara jam 2-three sore atau beberapa saat setelah makan siang. Dengan begitu, tidur siangmu gak akan mengganggu tidur malammu.

Baca Juga: Kenali Microsleep, Kondisi Tidur Beberapa Detik yang Bikin Kecelakaan

4. Sebisa mungkin, tidurlah di tempat yang tenang, gelap, nyaman, sejuk dan gak terlalu bising
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks
pexels.com/Daria ShevtsovaSebenarnya, kesulitan tidur siang adalah mendapatkan tempat yang nyaman untuk tidur. Beruntung kalau sekolah atau kantormu menyediakan tempat tidur, seperti di ruang santai.

5. Saat bangun dari tidur siang, jangan buru-buru beraktivitas ya
pexels.com/Tirachard KumtanomBerikan waktu sejenak untuk mengembalikan kesadaran dan pikiranmu kembali jernih. Itu untuk mencegahmu agar gak emosi dan sakit kepala. Kamu hanya perlu waktu beberapa menit kok.

6. Tidur siang punya segudang manfaat buat tubuhmu
nuga.coBarang sebentar, tidur siang bermanfaat bagi tubuh, seperti efek relaksasi, mengurangi kelelahan, meningkatkan fokus, memperbaiki suasana hati dan meningkatkan performa kerja.

7. Tidur siang penting jika kamu merasa lelah dan mengantuk di siang hari
financialtribune.comMungkin kamu sering begadang atau lembur karena banyak tugas atau pekerjaan. Karena itu, tidur siang akan bisa membuatmu segar kembali.

Meski begitu, kalau kamu merasa ketergantungan dengan tidur siang, seperti tidur siang terlalu lama, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. Hal tersebut agar kamu bisa mendapatkan diagnosis dan pengobatan terbaik. Siapa tahu ternyata kamu mengalami gangguan tidur.

Baca Juga: Jangan Tidur Tengkurap, Berikut Bahaya Kesehatan yang Akan Mengintaimu