Rincian Biaya Tol Jakarta Jogja Terbaru 2022 untuk Mudik Lebaran

Masyarakat terutama di pulau Jawa menjadi lebih mudah ketika bepergian karena adanya jalan tol. Namun jika ingin melewati jalan tol, Anda harus membayar tarif gerbang tol sesuai dengan golongan kendaraan, terutama biaya tol Jakarta Jogja.

Jika perjalanan yang akan Anda tempuh cukup jauh, maka tarif yang harus dikeluarkan pun juga cukup mahal. Contohnya seperti rute Jakarta Jogja, sehingga Anda harus memastikan terlebih dahulu saldo e-toll sudah mencukupi.

Jarak yang akan Anda tempuh dari kota Jakarta menuju kota Jogja sepanjang 565 km. Jarak tersebut memerlukan waktu kurang lebih sekitar 9 jam. Karena perjalanan yang cukup lama dan jauh, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri. Masalah biaya tol Jakarta Jogja juga tak perlu Anda risaukan.

Karena di sekitar Jalan Tol akan menyediakan beberapa rest area atau tempat peristirahatan yang dapat Anda gunakan selama perjalanan.Berikut beberapa golongan kendaraan beserta biaya tol Jakarta ke Jogja terbaru.

Golongan 1

Pada golongan 1 terdiri dari kendaraan seperti bus, truk kecil atau pick-up, sedan dan jeep. Sedangkan tarif yang diberikan pada golongan 1 sebesar Rp. 387.000 untuk rute Jakarta Jogja.

Golongan 2

Biaya tol Jakarta Jogja golongan selanjutnya yaitu golongan 2 yang terdiri dari kendaraan truk besar dengan dua gandar. Jika Anda menggunakan jenis kendaraan ini, biaya yang harus dikeluarkan untuk rute Jakarta Jogja sebesar Rp. 580.000.

Golongan 3

Golongan 3 pada jalan tol digunakan untuk kendaraan truk besar yang memiliki 3 ganndar. Sedangkan biaya yang harus dikeluarkan yaitu sebesar Rp. 631.000.

Golongan 4

Golongan selanjutnya yaitu golongan 4 yang hanya boleh dilewati oleh truk besar yang memiliki empat gandar. Jika Anda menggunakan kendaraan ini dan memiliki rute Jakarta Jogja akan dikenakan biaya sebesar Rp. 827.000.

Golongan 5

Golongan terakhir yaitu dilalui oleh truk besar yang memiliki 5 Gandar. Golongan inilah yang paling mahal daripada golongan lainnya. Untuk rute Jakarta Jogja akan dikenakan biaya sebesar Rp. 878.000.

Itulah beberapa golongan beserta biaya tol Jakarta Jogja yang harus Anda ketahui. Rincian biaya tersebut juga berlaku apabila Anda melakukan perjalanan dari kota Jogja menuju kota Jakarta.