Tidur Siang Sebaiknya Berapa Lama?

Mungkin banyak di antara kita yang belum mengetahui kapan waktu terbaik untuk tidur siang. Sangat banyak di antara kita pula yang setelah makan siang mengalami kantuk yang luar biasa. Jika kantuk yang Anda alami setelah makan siang, tetapi Anda sedang dalam kondisi berada di kantor, sangat sulit memenuhi tuntutan dari tubuh kita tersebut untuk tidur siang. Lalu, kapan sebenarnya waktu terbaik untuk tidur siang?

Menurut Dokter Reisa Broto Asmoro, salah satu dokter cantik yang kerap mengisi acara televisi Dokter Oz Indonesia, tidur siang yang baik itu dilakukan setelah kita makan siang. Idealnya pada pukul 1 siang. Jangan terlalu lama juga untuk tidur melakukan tidur siang, karena idealnya, tidur siang yang baik itu dilakukan sekitar 30 menit untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

Lebih lanjut, Dokter Reisa mengatakan bahwa tidur siang juga baik untuk anak-anak karena salah satu manfaatnya adalah meningkatkan tumbuh kembang anak menjadi optimal. Kemudian, apa dampak yang terjadi bagi orang dewasa apabila terlalu lama tidur siang? Dampaknya adalah sleepinersia.

Sleepinersiaadalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk terjaga, otak terasa lemah, dan terasa pula ngantuk berat, atau lelah yang berlebihan saat kita bangun dari tidur siang yang lama tersebut.

Lebih lanjut pula, Dokter Reisa meanambahkan bahwa tidur yang berlebihan juga bisa mengakibatkan hipertensi, gula darah yang meningkat, bahkan peningkatannya sampai 50 persen. Berdasarkan penelitian Tokyo University, tidur siang yang berlebihan juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya yang akan masuk ke dalam tubuh kian meningkat.

Namun seperti yang saya katakan di atas, tentu tidur siang memiliki pula dampak yang sangat positif untuk tubuh kita, seperti:

Jika Anda adalah seorang yang sangat memerlukan konstentrasi dalam pekerjaan, tidur siang selama kurang lebih 30 menit akan sangat membantu untuk meningkatkan konsentrasi Anda kembali. Pada malam harinya, seseorang yang tidur siang, waktu malam harinya akan terlihat lebih match karena kita bisa menyimpan energi saat kita melakukan tidur siang tadi.

Orang yang tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan. Bahkan tingkat kewaspadaan yang didapat oleh orang-orang yang telah bangun dari tidur siang adalah sebesar 2,5 jam setelah bangun dari tidur.

* Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

Menurut data yang pernah saya baca, di Jepang dan Amerika, di kantor-kantornya telah disediakan ruang khusus untuk tidur siang (semoga di Indonesia juga segera bisa menambahkan ruangan untuk tidur siang di setiap kantor, hehehe). Ternyata, manfaat lain dari tidur siang adalah meningkatkan kreativitas dan produktivitas bagi karyawan. Dan di Amerika, telah dilakukan riset dari tahun 2001 yang menyatakan bahwa keteledoran akibat mengantuk di siang hari membuat Amerika kehilangan produktivitas sebesar 18 triliun US Dollar per tahun.

Tidur siang bagi orang-orang yang rutin melakukannya, dapat pula mempertajam daya ingat. Kenapa? Bagi orang-orang yang tidur siang, sejatinya, otak mereka tengah berisitirahat dan mengembalikan frekuensi otak kita ke dalam frekuensi yang normal. Jadi nih, saran saya, jika Anda sudah terlalu stres dan terbebani dengan pekerjaan-pekerjaan yang berat, boleh tidur siang maksimal 30 menit saja demi mengembalikan produktivitas untuk otak kita pula.

* Meningkatkan Relaksasi di Tubuh Kita

Ada penelitian pula untuk kasus ini, di mana jika ada orang yang tengah dalam kondisi stres kemudian tidur siang, tidur siangnya akan meredakan hormon-hormon stres, seperti hormon kortisol kita yang hilang akan kembali setelah tidur siang. Jadi, kita akan kembali rileks lagi. Nah, buat kalian-kalian yang mungkin tengah galau, frustasi, gaji tak kunjung naik, tak kunjung dilamar oleh kekasih hati yang menyebabkan galau berkepanjangan, coba atasi dengan tidur siang hehehe.Enggak, begini maksudnya jika kalian tengah frustasi dan stres, redakan dengan tidur siang.

***

Tapi perlu diingat ya, tidur siang yang baik itu adalah tidur siang yang tak lebih dari 30 menit. Jadi, jangan lama-lama tidur siangnya. Pasang alarm kalau perlu. Tapi jika sudah berusaha mencoba tidur namun di 15 menit pertama mata Anda tak kunjung terpejam, ya jangan dipaksakan karena memang artinya tubuh Anda belum membutuhkan istirahat. Kemudian lebih baik tidur pada rentang waktu pukul 1 siang – three sore, karena itu waktu terbaik untuk tidur siang.

Artikel ini, diolah dari beberapa sumber referensi yang pernah saya baca, dengar, dan amati. Jadi mohon maaf jika masih ada salah-salah dalam menulis artikel ini. Selamat menyambut tahun baru! (DEW)

Salam Kompasiana

VIDEO PILIHAN