Tips Memilih Sepatu Roda Anak Yang Aman Dan Nyaman

Sepatu roda merupakan salah satu alat olahraga yang disukai anak-anak hingga dewasa. Nah diketahui mengenalkan sepatu roda anak sejak dini memiliki banyak manfaat terutama untuk tumbuh kembang sang anak. Maka dari itu disarankan untuk memilih sepatu roda bagi anak dengan teliti dan hati-hati.

Jadi tidak hanya kebugarannya saja yang didapatkan ketika bermain sepatu roda tapi juga manfaat-manfaat lainnya bisa. Berikut ini beberapa poin penting yang bisa anda lakukan ketika memilih sepatu roda untuk anak.

 

1. Perhatikan Faktor Keamanan

Yang pertama sekali harus anda perhatikan adalah faktor keamanannya. Baik sepatu roda anak perempuan atau laki-laki untuk pengguna pemula maka anda harus memperhatikan rem tumitnya. Anak-anak yang baru mulai menggunakan sepatu roda maka harus memilih sepatu dengan rem tumit agar ketika di atas sepatu roda tubuh jadi lebih tenang. Menggunakan rem tomat juga sangat mudah yaitu hanya  menekan bagian tumit sepatu pada permukaan tanah saat anda sedang menggunakan sepatu.

Pastikan pula bagian rem ini bisa dilepas pasang, jadi ketika nanti anda sudah mahir bersepatu roda rem bisa dilepas. Nah bagi pemula, anak juga bisa memilih sepatu roda dengan roda bantu agar lebih stabil dan mengurangi resiko terjatuh.

 

2. Pilih Sepatu Yang Nyaman

Harga sepatu roda anak-anak yang mahal tentu belum menjamin bahwa produk tersebut bisa nyaman di kaki. Karena ketika menggunakan sepatu roda tentu kenyamanan menjadi faktor kedua setelah keamanan. Faktor kenyamanan dari sebuah sepatu roda bisa dipilih dengan melihat apakah bantalan bagian dalam terasa empuk atau tidak. Karena bantalan dengan ketebalan yang pas bisa membuat pergelangan Anda kuat dan nyaman ketika berseluncur.

Bantalan sepatu roda yang kurang nyaman di kaki bisa membuat anda kesulitan untuk bergerak dan kurang bisa menyokong kaki dengan sempurna. Umumnya ketika bersepatu roda tentu kaki terasa pengap. Namun jika Anda memilih sepatu dengan material mesh, hal tersebut tidak akan terjadi karena tekstur mesh seperti jaring.

 

3. Perhatikan Kelicinan Roda

Tips yang ketiga dalam memilih sepatu roda anak adalah perhatikan kelicinan roda sepatu. Untuk kualitas terbaik Anda bisa memilih roda polyurethane. Roda ini punya keunggulan yaitu lebih tahan lama dan sangat aman digunakan karena mampu menahan berat badan saat meluncur. Roda yang dibuat dari bahan plastik umumnya mengeluarkan suara berisik dan cengkramannya pada permukaan tanah juga tergolong rendah.

Anda juga perlu perhatikan bagian bearing sepatu. Disarankan untuk memilih nomor bearing yang tinggi agar akan semakin licin pula roda pada sepatu. Bearing adalah bagian bola logam yang ada di tengah roda. Roda akan berputar saat bearing juga berputar.

 

4. Perhatikan Ukuran

Ukuran sepatu juga berpengaruh pada tingkat kenyamanan dan keamanan anak ketika bersepatu roda. Maka sebaiknya, beli jenis sepatu yang bisa diatur ukurannya. Terlebih ketika anak masih SD yang tergolong cukup cepat pertumbuhannya.

Akan sangat merepotkan bila baru beberapa bulan saja namun sepatu roda sudah tidak muat lagi karena pertumbuhan anak yang cepat. Sepatu roda yang bisa disesuaikan ukuran juga membuat anak lebih nyaman menggunakan sepatu tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

 

 

Memilih sepatu roda anak yang tepat merupakan kewajiban orang tua, karena tentu orang tua lebih tahu apa yang terbaik untuk sang anak. Bagi Anda yang sedang mencari sepatu roda untuk si buah hati, sangat gampang untuk menemukannya di marketplace Blibli. Mbak sepatu roda untuk anak laki-laki maupun perempuan, blibli menyediakan variasi yang cukup banyak dengan berbagai motif dan tema.