Tips Memilih Susu yang Baik untuk Bayi Sesuai Kebutuhan

Memilih susu formula pendamping ASI bagi bayi merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Pasalnya, tidak semua produk sesuai kebutuhan dan seringkali menimbulkan alergi pada anak. Maka dari itu, pemilihan susu yang baik untuk bayi secara tepat harus dilakukan agar dapat mencukupi kebutuhan gizi secara maksimal.

Namun sebelum membelinya, terdapat berbagai pertimbangan wajib dipikirkan secara matang. Inilah beberapa hal diantaranya yang perlu disimak, yaitu antara lain:

1. Memperhatikan Kondisi Bayi

Langkah pertama perlu diperhatikan adalah mengenai kondisi fisik bayi. Tentunya poin satu ini penting dilakukan karena setiap anak akan berbeda, misalnya saja, ada anak yang terlahir dengan berat badan rendah atau prematur. Sehingga kebutuhan susu formula pun secara khusus dipilih dengan kandungan kalori dan mineral yang lebih banyak.

Maka dari itu, ada baiknya mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter agar dapat diberikan susu yang tepat. Hindarilah memilih produk sembarangan dan pastikan selalu menyesuaikannya dengan kondisi bayi.

2. Menyesuaikan dengan Usia

Pemilihan susu yang baik untuk bayi patutnya harus sesuai dengan usianya. Pasalnya, setiap produk susu akan diformulasikan berdasarkan usia dan disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Untuk itu, pastikan selalu mengecek keterangan produk pada bagian belakang kemasan dan rekomendasi usia yang tertera pada sisi depan.

Apabila anak sudah memasuki usia 6 bulan, maka artinya orang tua wajib memilih produk susu berlabel khusus anak seusianya. Pada umumnya, susu formula menerapkan produk yang dikhususkan untuk bayi 6-12 bulan dan lain sebagainya. Sehingga orang tua lebih mudah menentukan mana produk yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

3. Melihat Jenis Susu

Tidak hanya menyesuaikannya dengan usia saja, namun jenis susu yang beragam perlu diperhatikan pula. Misalnya saja ada produk dengan kandungan protein jenis whey, casein dan lain sebagainya. Untuk bayi, maka pastikan menggunakan whey yang mudah dicerna agar asupan nutrisi dapat tercukupi dengan baik.

Namun apabila anak memiliki alergi susu sapi, orang tua dapat menggantinya menjadi susu soya. Konsultasikan pula pada dokter anak untuk mendapatkan saran serta masukan tentang jenis susu formula yang tepat untuk dikonsumsi.

4. Mempertimbangkan Kandungan Didalamnya

Meskipun semua produk susu formula memiliki asupan nutrisi yang baik bagi anak, namun perlu dipertimbangkan pula kandungan gizi lainnya yang tidak kalah penting. Mulai dari AA dan DHA, asam lemak tak jenuh, dan lain sebagainya yang baik untuk mencerdaskan otak bayi.

Untuk memilihnya, pastikan mempertimbangkan susu dengan kandungan prebiotik di dalamnya. Sehingga perkembangan bakteri baik yang ada di dalam sistem pencernaan dapat meningkatkan daya tahan maupun sistem kekebalan tubuh. Dengan pemilihan yang tepat, maka dapat memberikan berbagai keuntungan bagi anak di masa depan nantinya.

5. Mengecek Alergi pada Bayi

Poin yang perlu dipertimbangkan lainnya yaitu pastikan selalu mengecek adanya alergi terlebih dahulu. Apabila bayi mengalami alergi pada susu sapi, maka hendaknya orang tua memilih susu berformulasi khusus dengan kandungan anti alergi. Bahkan selain itu, bisa pula menggantinya menjadi susu soya sesuai kebutuhan. Sehingga tidak bisa disamakan antara satu anak dengan lainnya.

Itulah informasi mengenai susu yang baik untuk bayi dan bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing anak. Apabila masih bingung memilihnya, maka mengkonsultasikan kepada dokter bisa menjadi pilihan yang tepat. Sehingga nantinya kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik dan tumbuh kembangnya pun tidak akan terganggu.