Waktu Yang Tepat Untuk Tidur Siang Pukul three Sore

Alasan pemilihan waktu tidur siang ini bermuara pada ritme biologis 24-jam manusia, yang mulai menurun sekitar pukul three sore.

tirto.id – Tidak semua orang mampu beristirahat tidur siang hanya selama 30 menit di tengah hari, bahkan saat kelelahan. Namun, bagi yang bisa tidur siang dipastikan akan menuai keuntungan besar untuk kesehatan, produktivitas, dan kekuatan otak mereka.

Dan ternyata sebenarnya ada waktu yang tepat untuk tidur siang dan mengistirahatkan mata sekejap, yakni pukul three sore.

Alasan pemilihan waktu tidur siang ini bermuara pada ritme biologis 24-jam manusia, yang mulai menurun sekitar pukul three sore. Banyak orang yang juga mengalami kantuk pasca-makan siang atau kurang kewaspadaan saat itu menjadikan waktu ini tepat untuk tidur siang.

Untuk itu, kita diharuskan tidur siang selama 20 sampai 30 menit. Lamanya tidak siang tidak boleh berlebihan karena akan berisiko jatuh ke dalam tidur nyenyak yang nantinya justru dapat membuat merasa pusing selama satu jam setelah bangun tidur. Kondisi itu dikenal sebagai kelembaman tidur.

Tidur siang ini juga bisa menjadi sangat berharga jika kita tidak cukup tidur pada malam sebelumnya. Namun perlu diwaspadai, tidur siang terlalu lama justru tidak bisa membuat tidur lebih nyenyak malam itu.

Menurut laporan terakhir oleh Sleep Council, seperti dilansir The Independent, hampir tiga perempat orang Inggris tidur kurang dari tujuh jam semalam.

Terlebih lagi, jumlah orang yang tidur malam kurang dari lima jam telah tumbuh dari tujuh persen menjadi 12 persen.

“Ketika Anda kurang tidur, hanya hal buruk yang terjadi pada mood, konsentrasi, kesehatan, dan sistem kekebalan tubuh Anda,” Rajkumar Dasgupta, asisten profesor kedokteran klinis di Fakultas Kedokteran Keck di Universitas Southern California, menjelaskan kepada Tonic.

“Tidak baik hak tidur kita dirampas.”

Namun, dengan semakin banyak kita tidak cukup tidur di malam hari, tidur siang bisa meningkatkan nilai.

Studi telah membuktikan bahwa tidur siang memberikan manfaat kesehatan yang signifikan dan sebenarnya dapat melawan efek kurang tidur.

Setelah tidur siang, orang menjadi lebih waspada, kreatif, memiliki kemampuan ingatan yang lebih baik, dan lebih baik dalam belajar. Tidur siang juga menurunkan kecenderungan untuk melakukan kesalahan dan mengalami kecelakaan.

Dan jangan lupa bahwa orang yang sering terbangun dari tidur siang sejenak akan merasa segar dan bugar.

Namun jika tidak bekerja di perusahaan seperti Google atau Uber (yang mendorong tidur siang), Anda mungkin harus meyakinkan atasan Anda sebelum meringkuk sembunyi-sembunyi di bawah meja kerja untuk tidur siang sejenak.

Baca juga:

(tirto.id – Gaya Hidup)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari

Subscribe Now