Cara Belajar Investasi

 

Salah satu cara memanfaatkan harta agar tidak terus terkuras, adalah dengan jalan investasi. Jaman sekarang, ada banyak sekali bentuk investasi. Dengan berinvestasi, Anda tidak hanya menabung penghasilan. Lebih dari itu, Anda juga diajarkan untuk mengembangkan penghasilan menjadi lebih banyak. Dengan begitu, jumlah tabungan Anda tidak hanya itu-itu saja.

Memang ada banyak jenis investasi. Namun untuk menghindari kerugian, sebaiknya pelajari dulu bagaimana investasi yang baik itu. Jangan asal-asalan karena saat ini juga tidak sedikit investasi bodong yang bahkan membuat investor rugi besar. Ada banyak cara belajar investasi yang perlu Anda ketahui terlebih dulu, sebelum menanam modal untuk investasi ini.

Tahapan Cara Belajar Investasi

Sebelum mendalami dan menjadi investor, sebaiknya pelajari dulu hal-hal terkait investasi. Untuk memudahkan, di bawah ini bisa Anda simak tahapan cara belajar investasi yang benar:

1. Mengetahui Seluk Beluk Investasi Tersebut

 

Seperti dijelaskan sekilas di atas, ada banyak sekali jenis investasi yang saat ini beredar. Agar tidak terkena tipuan, belajarlah dengan baik. Pelajari latar belakang jenis investasi yang menjadi target Anda. Semua hal terkait jenis investasi tersebut, harus dipelajari secara signifikan.

 

Selain latar belakangnya, sebaiknya sesuaikan juga batas modal investasi dengan kemampuan Anda sebagai investor. Alih-alih ingin investasi, Anda justru buntung finansial karena jumlah modal yang tak sesuai.

 

2. Pilih Investasi Berkelanjutan

 

Salah satu hal yang menjadi berharga untuk perolehan keuntungan dalam investasi, adalah terkait suku bunga. Setiap saat, suku bunga mengalami ketidak stabilan. Hal ini menyebabkan tidak ada jaminan akan keuntungan dalam waktu dekat.

 

Karenanya, sebaiknya Anda memilih jenis investasi yang berkelanjutan dan bertahan lama. Dengan investasi yang bertahan lama, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan sambil menunggu trend suku bunga yang bagus untuk mengambil untung.

 

3. Pilih Modal Kecil

 

Memang pada jaman dulu, penanaman modal investasi terbilang besar. Namun berbeda halnya dengan jaman sekarang. Saat ini sudah banyak sekali channel investasi yang bersedia menerima modal kecil. Hal ini tentu memudahkan Anda yang memang hanya punya modal terbatas atau pas-pasan.

 

Selain karena sesuai dengan budget, modal kecil untuk investasi juga bisa memperkecil resiko kerugian investasi. Semakin kecil investasi Anda, semakin kecil pula kerugian yang mungkin bisa saja didapat. Namun tentu saja keuntungan yang didapat bisa memakan waktu yang cukup lama. Maka cara ini bisa jadi opsi untuk Anda sesuaikan dengan kondisi ekonomi.

 

4. Belajar Profil Resiko

 

Hampir semua jenis investasi pasti punya resiko kerugian. Hal ini wajar terjadi karena pergerakan uang yang tidak stabil. Berbagai jenis investasi, memiliki profil resiko yang berbeda-beda. Semua kondisi resikonya bisa menyesuaikan dengan kondisi investor.

 

Karenanya sangat penting bagi Anda untuk belajar profil resiko sebelum mengambil langkah lanjutan dalam pengambilan keputusan investasi. Mulai dari resiko kerugian kecil hingga besar. Pelajaran terkait profil resiko ini tidak hanya menambah wawasan Anda, hal tersebut juga bisa membuat Anda jadi semakin tahu langkah dalam menghadapi resiko.

 

Kebanyakan orang gagal dalam investasi karena kurang paham dengan profil resikonya. Parahnya lagi, mereka juga kurang paham bagaimana strategi tepat untuk menghadapi resiko tersebut.

Menemukan jenis investasi yang bagus memang saat ini tidak sulit. Namun jika aturan yang ada di dalamnya tidak sesuai dengan kondisi Anda, tentu hal tersebut yang bisa menjatuhkan Anda sendiri ke dalam jurang kerugian. Mari lebih cermat belajar investasi dari sekarang.