Fungsi Utama Assuransi Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Di kehidupan sehari-hari resiko kecelakaan selalu mengikuti dimanapun dan kapanpun. Bahkan di rumah sendiri pun bahaya juga dapat mengintai kita seperti jatuh dari  tangga, terpeleset di kamar mandi, kebakaran, banjir, dan  masih banyak lagi kejadian yang bisa membuat kita kehilangan harta benda yang kita gunakan setiap harinya. Tetapi saat ini, dengan adanya produk asuransi hal itu dapat diminimalisir.

Seperti yang kita ketahui, asuransi merupakan perjanjian dua belah pihak antara perusahaan asuransi dan pemegang polis dengan imbalan merupakan peminimalisiran atau bahkan mengganti kerugian. Menurut KBBI sendiri asuransi berarti pertanggungan, perjanjian dua belah pihak. Dari penegertian tersebut dapat kita asumsikan bahwa fungsi utama asuransi yaitu sebagai pelindung nasabah ketika nasabah menghadapi hal-hal yang  tidak terduga.

Asuransi sendiri memiliki berbagai jenis berdasarkan tujuannya seperti berikut ini:

1. Perusahaan asuransi jiwa

Merupakan perusahaan asuransi yang memberikan jaminan terhadapa keselamatan jiwa nasabahnya dengan imbalan ganti rugi berupa keuntungan financial.

2. Perusahaan asuaransi kesehatan

Merupakan perusahaan asuransi yang memberikan jaminan terhadap kesehatan jiwab nasabahnya. Asuransi ini yang paling kita temui saat ini seperti dan digunakan masyarakat seperti bpjs.

3. Perusahaan asuransi kendaraan

Merupakan perusahaan asuransi yang memberikan jaminan terhadap kerusakan kendaraan hingga kehilangan mobil karena pencurian.

4. Perusahaan asuransi properti.

Walaupun properti tidak bisa untuk dicuri ataupun hilang, tetapi resiko seperti kebanjiran atau kebakaran juga bisa mengintai.

5. Perusahaan asuransi dana hari tua.

Jenis asuransi ini membuat anda dapat memiliki dana hari tua atau dana pensiun.

6. Perusahaan asuransi binis.

Asuransi bisnis dapat dgunakan untuk menanggulangi  kerugian pada bisnis anda akibat kegiatan

Berbagai macam asuransi seperti yang di atas meskipun berbeda jenisnya tetapi memiliki fungsi utama yang sama yaitu sama-sama hadir untuk melindungi nasabahnya dari berbagai macam resiko yang dapat terjadi. Selain hal tersebut, terdapat tiga fungsi utama asuransi seperti: member ketenangan pada nasabah, meminimalkan kerugian, tabungan dan investasi apalagi jika produk asuransi merupakan produk yang unitlink.

Saat ini yang menjadi tantangan terbesar perusahaan asuransi di Indonesia adalah minimnya pengetahuan masyarakat terhadap kegunaan asuransi dan bagaimana cara penggunaanya karena memang sebelum dapat menggunakan asuransi, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diikuti dan disetujui tergantung perjanjian dengan perusahaan asuransi yang berlaku. Selain itu, kebanyakan masyarakat masih berpikir bahwa menggunakan asuransi akan menambah pengeluaran sehari-hari.

Secara umum cara kerja asuransi dibedakan menjadi tiga tahap. Pertam penarikan nasabah, kedua mengumpulkan premi, dan yang ketiga membayar klaim. Setelah tiga tahap tersebut dilakukan barulah anda bisa menikmati asuransi anda ketika dibutuhkan. Dikeadaan seperti ini memiliki asuransi menjadi salah satu keutntungan besar karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dikemudian hari sehingga ketika hal-hal yang kurang baik menimpa kita, kita tidak perlu khawatir lagi karena asuransi telah membackup semuanya.

Menggunakan asuransi memang membawa keberuntungan bagi kita, apalagi jika keadaan terdesak. Selain itu, asuransi juga meningkatkan efisiensi perlindungan diri dan orang disekitar kita. Dengan berbagai macam produk asuransi yang ada sekarang, tidak hanya produk jaminan resiko untuk diri sendiri, sekarang anda juga bisa menabung dan berinvestasi selama anda melakukan pembayaran premi asuransi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai saat ini kita bisa lebih menyadari pentingnya asuransi bagi kehidupan kita sehari-hari.