Manis dan Menyegarkan, Berikut Daftar Manfaat Semangka untuk Kesehatan

 

 

Orang pasti sudah tahu dan paham dengan salah satu buah yang rasanya sangat manis dan menyegarkan. Buah tersebut adalah semangka. Sekarang ini, untuk di Indonesia ada dua jenis semangka dengan warna daging buah yang berbeda yakni ada yang warnanya merah dan kuning. Dan kebetulan menurut pendapat orang-orang disebutkan jika semangka dengan dagingnya yang berwarna kuning biasanya rasanya lebih manis dan kandungan airnya juga lebih banyak. Akan tetapi memang semuanya kembali pada selera orang masing-masing.

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

 

Sudah banyak yang tahu dan paham bahwa manusia memang sangat diharuskan untuk konsumsi buah –buahan secara rutin karena alasan kesehatan. Dan salah satu contoh buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi karena punya banyak manfaat untuk kesehatan adalah buah semangka. Jadi menurut beberapa pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan nutrisi yang ada pada semangka punya banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan. Dan ternyata supaya tidak penasaran, berikut adalah beberapa manfaat semangka untuk kesehatan yang bisa Anda simak:

  • Menjaga kesehatan jantung

Tahukah Anda bahwa ternyata konsumsi semangka juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Dan hal ini ternyata juga sudah dibuktikan oleh salah satu pakar penelitian dari Amerika Serikat. Bahwa ternyata semangka adalah salah satu contoh buah yang snagat bagus untuk menurunkan tekanan darah pada mereka yang mengalami masalah obesitas dan gangguan hipertensi yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung yang cukup umum. Dan semangka adalah salah satu buah yang banyak mengandung kalium dan magnesium yang dipercaya bisa mengatasi masalah tersebut.

  • Memenuhi kebutuhan cairan yang dibutuhkan tubuh

Manfaat semangka selanjutnya adalah ternyata semangka juga merupakan salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Semangka adalah buah yang punya banyak kandungan air dan elektrolit yang sangat bagus untuk menghindari hidrasi yang terjadi pada tubuh.

  • Mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi

Biasanya ketika orang sehabis konsumsi sate dan punya riwayat masalah kesehatan hipertensi, salah satu solusinya adalah mereka akan konsumsi semangka yang katanya bisa menurunkan tekanan darah. Jadi karena adanya kandungan dan nutrisi yang lengkap dalam buah semangka adalah yang menjadi alasan kenapa manfaat semangka sangat beragam dan salah satunya adalah bisa menurunkan tekanan darah.

Resiko Konsumsi Semangka Berlebihan

 

Manfaat semangka memang sangat luar biasa sekali untuk kesehatan. Namun satu hal yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah bahwa ternyata dengan konsumsi semangka yang berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan. Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan dan informasi yang lengkap, berikut adalah beberapa penjelasan tentang resiko konsumsi semangka secara berlebihan:

  • Diare.
  • Menyebabkan gangguan pada saluran cerna khususnya usus.
  • Meningkatkan tingginya level glukosa.
  • Meningkatkan resiko terjadinya peradangan hati.
  • Menjadi penyebab salah satu penyakit dan gangguan masalah k

Ada banyak manfaat semangka yang bisa Anda dapatkan jika Anda konsumsi tepat dan tidak terlalu berlebihan. Namun juga dengan catatan bahwa semangka yang Anda pilih semuanya dalam kondisi yang berkualitas dan segar. Untuk mendapatkan semangka yang selalu segar dan berkualitas serta terjamin kemanisannya Anda bisa dapatkan di TaniHub. Proses belanjanya bisa Anda lakukan secara online dengan harga terjangkau dan proses cepat. Barangnya selalu segar dan terjamin karena diambil langsung dari petani Indonesia.